Mengenal Eksternal Memory

Assalamualaikum Wr Wb,

Tak kenal maka tak sayang, begitu ungkapan yang sering kita dengar, kali ini saya akan sedikit menjelaskan apa yang dimaksud dengan eksternal memory, atau bisa juga disebut secondary memory, backing memory, atau eksternal storage, atau juga secondary storage, apa pun istiah nama yang disebutkan dan merujuk kepada benda yang sama tidaklahmenapa. Dimana fungsinya hampir sama dengan internal memory, hanya saja berbeda dari ciri-ciri pokoknya.

Eksternal memory mempunyai ciri sebagai berikut :
1. Dapat menyimpan data secara tetap atau non volatile, artinya memory ini dapat menyimpan data pada saat tidak dialiri oleh arus listrik, berbeda dengan internal memory seperti (memory CPU maupun RAM).
2. Biasanya eksternal memory mempunyai kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, sampai dengan ukuran Terra byte.

Eksternal memory juga mempunyai banyak jenis yang dapat kita temui, mungkin juga kita sudah melihat benda ini sehari-hari.

Disket

Barang satu ini mungkin saja sudah tidak digunakan lagi pada tahun 2011, walaupun demikian disket merupakan salah satu eksternal memory yang dimana kapasitas disket biasanya hanya dapat menyimpan sedikit data, disket berbentuk kotak kecil,tipis dan dialamnya terdapat bundaran yang dilapisi magnet sebagai tempat utama penyimpanan data.

Agara dapat dibaca, disket harus dimasukan kedalam sebuah drive, biasanya adalah flopy disk yang sering kita jumpai dengan lebar 3.5″, dengan kecepatan rata-rata 360-500rpm.

Hardisk
Hardisk adalah media penyimpanan yang sangat populer di sebagian pengguna desktop (pc) maupun notebook dan laptop, hardisk berbentuk segi empat dengan lebar 3.5″ dan 2.5″ (untuk notebook), didalamnya terdapat lempengan logam berbentuk bundar dan berlapis-lapis dengan motor penggerak head sebagai alat untuk menulis dan membaca data pada lempengan hardisk.

Didalam lempengan logam tersebut terdapat sektor, dan track yang merupakan bagian dari pada lempengan hardisk, kapasitas data yang dapat ditampung oleh media ini sangat besar, hingga ukuran terra bite, dengan kecepatan rata-rata 7200rpm(untuk pc) dan 5400rpm (untuk notebook).

Hingga saat ini jenis hardisk yang populer adalah SATA, yang menggantikan ATA dan PATA, perbaikan ini tidak hanya dari segi interface hardisk, namun juga dalam kecepatan transfer data yang dua kali lipat lebih cepat.

Compact Disk dan DVD
Kedua media eksternal ini masih digunakan saat ini, baik untuk menyimpan lagu-lagu yang dipasarkan di dunia, maupun film-film yang juga menjadi kegemaran banyak orang, berbentuk seperti piringan magnet yang dapat menyimpan data dari 700mb hingga ratusan gigabite. Diperlukan DVD-ROM untuk membaca sebuah compact disk maupun DVD.

Dengan perkembangannya sekarang banyak muncul CD/DVD yang RW (read and write) karena dahulunya CD/DVD hanya bisa dibaca dan kemudian di copy kedalam hardisk, saat ini ada CD/DVD yang dapat ditulis kembali dengan isi yang baru setelah digunakan untuk menyimpan data, tentunya dengan bantuan DVD-RW untuk membakar metalik filmnya. Data pada CD/DVD ini berbentuk binary.

Magnetic Tape
Media storage eksternal ini biasa digunakan pada komputer mini dengan lebar pita standart 12mm, dan juga berbentuk kaset yang biasa kita lihat pada tape recorder, berbentuk kotak dengan pita coklat yang dilapisi magnet.

Flashdisk

Adalah media penyimpanan yang sangat populer di dunia, dengan bentuk menarik yang biasanya di buat dengan berbagai macam bentuk yang lucu, unik dan keren. Flashdisk sangat praktis dan mudah di gunakan, dengan interface usb yang kebanyakan dari pc maupun laptop sekarang ini sudah suppord dengan USB flash disk hingga mencapai versi 3.0.

Flashdisk dapat menyimpan data hingga puluhan gigabyte dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, memory yang writabel didalam flashdisk memungkinkan kita untuk menghapus dan menambah data, flashdik memiliki banyak merk dan harga.

Solid State Drive (SSD)
Adalah media storege skunder yang mengancam keberadaan hardisk yang riskan dengan benturan dan kerusakan head, SSD bekerja seperti hardisk namun tidak menggunakan head sebagai alat untuk membaca danmenulisnya, dengan kecepatan setara dengan hardisk namun media penyimpanannya mirip flashdisk, menarik bukan ? SSD masih jarang yang menggunakannya karena harganya yang masih jauh tinggi diatas langit.

Diatas adalah beberapa contoh eksternal memory, mungkin masih banyak lagi eksternal memory yang lain yang tidak saya bahas disini, jika ada teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan di komentari treahd ini.

Wassalam
Hendra Wijaya

Referensi :
1. Memory Eksternal, url : http://bit.ly/emqv9g , tanggal akses 3 april 2011, pukul 16:23 wita
2. Eksternal Memory, Wiliam Staling, url : http://bit.ly/hMtxV7 , tanggal akses 3 april 2011, pukul 16:24 wita
3. Eksternal Memory, url : http://bit.ly/i95pQF , tanggal akses 3 april 2011, pukul 16:25 wita

memori eksternal netbok

Tinggalkan Balasan